Minggu, 31 Maret 2013

bisnis dengan jejualan.com menyenangkan


Di dunia bisnis sekarang ini, sudah tidak asing lagi untuk melakukan bisnis melalui media online. Karena selain praktis, bisnis melalui media online juga lebih mudah untuk dikenal banyak orang. Tidak terbatas hanya kepada satu wilayah saja, tapi bisa dilihat oleh semua orang di seluruh dunia. Namun dalam dunia bisnis, bagi yang mempunyai modal kecil biasanya akan kalah dengan orang yang sudah mempunyai modal besar. Ibarat semut melawan gajah. Sayang, kebanyakan orang awam yang ingin membuat web usahanya terbentur akan biaya yang harus dikeluarkan. Biasanya harga untuk membuat sebuah domain web cukup mahal. 

Hal ini pun pernah saya rasakan. Saya adalah seorang anak yang baru saja lulus kuliah. Memang semasa kuliah saya masih mengandalkan uang dari orang tua. Melihat mereka bekerja banting tulang demi kelangsungan saya kuliah, saya pun menjadi tidak tega. Saya ingin sekali bisa membalas apa yang mereka telah lakukan untuk saya. Kebetulan saya mempunyai minat yang cukup kuat untuk berbisnis, sejak semasa saya duduk di bangku kuliah semester pertama. Keinginan untuk berbisnis ini pun saya sampaikan kepada orang tua saya. Memang orang tua saya meminta saya untuk bekerja di sebuah perusahaan, yang sesuai dengan pendidikan saya. Saya pun mengikuti kemauan mereka untuk bekerja di perkantoran. Dan alhamdulilah saya diterima di sebuah perusahaan ternama. Memang tadinya saya pikir bekerja di sebuah perusahaan ternama merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Dan saya yakin bahwa saya akan digaji lumayan besar karena pendidikan saya adalah S1. Saya akan diberi mobil dinas dan tunjangan-tunjangan. Namun saya salah. Bekerja di perkantoran itu merypakan suatu hal yang cukup tidak mengenakkan. Dunia perkantoran masih merupakan dunia penjajahan. Dan saya termasuk orang yang tidak mau “dijajah”. Sehingga akhirnya saya memutuskan untuk resign dari perusahaan tersebut dan melakukan bisnis sendiri.

Awalnya saya kurang yakin bahwa bisnis saya ini akan berhasil. Karena kala itu saya pun bingung saya harus menjual atau berbisnis apa. Berbagai macam bisnis saya coba jalani. Mulai dari bisnis reseller sepatu, accesories, jual pulsa sampai jual tas. Namun sayang beberapa di antaranya gagal. Mungkin karena strategi penjualan dan pemasaran yang kurang matang. Maklum namanya juga pemula. Melihat saya yang sudah berkali-kali gagal melakukan bisnis, membuat orang tua kembali protes kepada saya. Mereka tetap memaksa saya untuk bekerja kantoran. Jelas saya menolak dan saya berjanji kepada mereka bahwa saya akan berhasil dengan melakukan bisnis. Awalnya saya memang melakukan pemasaran dari mulut ke mulut. Pertama kepada saudara-saudara saya, kemudian teman, tetangga, dan orang-orang di sekitar saya lainnya. Waktu itu saya mencoba berjualan makanan ringan yaitu sumpia. Melihat respon yang saya terima, rasanya kurang memuaskan. Saya merasa takut saya akan gagal lagi. Padahal kala itu saya membutuhkan biaya untuk membayar biaya masuk kuliah adik saya. Saya pun ingin menunjukkan kepada kedua orang tua saya, bahwa saya mampu untuk hidup mandiri dengan berbisnis. Kemudian saya mulai berpikir bagaimana caranya agar barang dagangan saya ini bisa dilihat oleh banyak orang dan mendapat respon yang positif. Karena jujur saja, saya adalah orang yang paling tidak bisa basa-basi seperti seorang sales pada umumnya, yang cerewet dan juga “keukeuh” ketika menawarkan barang dagangannya kepada pelanggan. Prinsip saya kala itu, jika sudah ditolak ya sudah pulang. Tidak pernah terpikir untuk terus berusaha merayu agar pelanggan membeli barang dagangan saya.

Sampai saya berkonsultasi kepada teman, orang tua dan juga saudara. Mereka menyarankan saya untuk melakukan bisnis secara online. Misalnya melalui media sosial seperti Facebook,Twitter, Kaskus, dll. Sempat saya merasa enggan. Karena saya pikir dunia internet itu adalah dunia yang memiliki tingkat kriminalitas yang cukup tinggi. Saya tidak mau berbisnis dengan orang yang tidak bertatap muka dengan saya. saya takut mereka memakai account-account bajakan. Saya takut tertipu. Saya takut belum apa-apa saya sudah tertimpa tangga. Saya terus berpikir dan merasakan kebimbangan yang sangat dalam hati. Haruskah saya mencoba untuk melakukan bisnis secara online? Tapi bagaimana jika nanti saya tertipu? Bagaimana jika nanti saya malah jadi korban dari oknum yang tidak bertanggung jawab? Tapi terlepas dari semua itu saya kembali melihat sisi positifnya. Dan saya bertekad untuk membuat perubahan dalam stratedi bisnis saya. Saya mencoba mengikuti saran mereka. Masih dengan keragu-raguan. Hasil responnya memang cukup baik, namun saya terbatas hanya bisa mempromosikan kepada orang-orang yang berteman dengan saya saja di account tersebut. Saya tidak bisa langsung melakukan hubungan jual beli dengan orang yang belum mejadi teman saya. Lalu ada yang bilang kepada saya, bahwa lebih baik membuat sebuah web sendiri agar mudah dan dapat dilihat banyak orang. Waktu itu saya mencari informasi mengenai beberapa domain web. Dan hampir kebanyakan memasang tarif yang cukup lumayan untuk membuat sebuah web. Sedangkan posisi saya waktu itu adalah cekak alias pas-pasan.

Sampai akhirnya ada yang memberi saran kepada saya untuk mencoba memasang web di jejualan.com. Sebuah web yang membantu kita membuat toko online dalam waktu singkat. Bayangkan! Hanya dalam 20 detik, kita sudah dapat membuat toko online kita sendiri. Ditambah lagi jejualan.com mempunyai beberapa fitur yang sangat membantu kita dalam menjalankan bisnis toko online kita. Misalnya saja, SMS Report (tidak hanya memberikan report kepada kita saja ketika terjadi transaksi namun kepada pelanggan juga), Layanan 24 jam customer care (membuat kita sangat terbantu jika ada hal yang ingin kita sampaikan atau tanyakan), ada teknologi SEO jejualan sehingga membuat toko online kita berada di halaman pertama hasil pencarian google, marketing tools (kita dapat mengirim newsletter gratis, kampanye promo,dll sehingga pelanggan menjadi tertarik), konsultasi langsung dengan pakar Ecommerce, bisa menerima pembayaran dari manapun jadi kita tidak dibuat ribet, daftar ongkos kirim otomatis (misalnya jika kita mengirim lewat JNE atau pos) dan ratusan fitur Ecommerce yang dapat kita manfaatkan.

Jejualan.com memang memberikan kita banyak kemudahan. Di samping itu, mereka memberikan gratis domain .com .net gratis seumur hidup. Biayanya pun cukup murah hanya Rp 60.000 per bulan. Mereka pun memberikan kita kemudahan lagi karena memberi masa percobaan gratis selama 15 hari di awal kita mendaftar. Entah kenapa sewaktu melihat jejualan.com, saya merasa bahwa dengan inilah mungkin bisnis saya akan berjalan dengan baik. Dan benar saja, sewaktu mencoba memasang iklan toko online di jejualan.com respon positif langsung berdatangan. Yang membuat saya terkejut, tidak hanya pelanggan dari dalam negeri saja yang merespon, namun pelanggan dari mancanegara juga. Alhamdulilah bisnis saya pun menjadi maju. Setiap hari selalu ada order yang berdatangan. Saya hanya tinggal melayani pelanggan dan menerima hasil dari rumah. Dengan berbisnis online seperti ini, saya mempunyai banyak waktu untuk bersama dengan keluarga. Orang tua saya pun menjadi bangga melihat anaknya bisa menjadi seorang pebisnis. Memang benar kata pepatah jika ada niat yang kuat dari dalam hati, maka akan ada banyak jalan menuju Roma.

Jujur saja, jejualan.com sangat membantu saya. Fitur yang mereka sediakan sangat membantu proses promosi toko online saya. Ditambah lagi dengan sistem SEO mereka. Sehingga rate web saya menjadi bagus. Untuk itu, saya berterima kasih sekali kepada jejualan.com. Saya harap jejualan.com dapat terus mengembangkan webnya agar lebih banyak yang tahu tentang fitur bagus yang ditawarkan jejualan.com. Mungkin jejualan.com bisa membuat promosi, bahwa bagi siapa saja yang membantu menawarkan orang untuk memasang toko onlinenya di web jejualan.com, maka ia akan mendapat komisi sekian persen. Sehingga para member dari jejualan.com menjadi lebih semangat berbisnis.

Pernah saya pun mencoba untuk mempromosikan jejualan.com kepada saudara dan teman saya yang berbisnis. Memang awalnya mereka enggan untuk membuat toko online mereka. Namun saya tetap memaksa agar mereka mencoba dan melihat sendiri hasilnya. Alhamdulilah setelah mereka mencoba, hasilnya sangat memuaskan. Pendapatan mereka bahkan ada yang mencapai omzet sampai puluhan juta rupiah. Sungguh sebuah angka yang fantastis. Bahkan mereka sempat sampai ada yang bilang, “Haduh...ceu...makasih pisan udah dikasih tahu pasang toko online di jejualan.com. Alhamdulilah sekarang aku bisa biayain kuliah aku sendiri. Bangga banget aku. I can’t live without jejualan.com.” Sebuah testimoni yang cukup lebay dari saudaraku yang masih kuliah semester 3 sekarang.

Kebetulan sekarang sedang diadakan lomba menulis dari jejualan.com. Yang diselenggarakan dari tanggal 17 Januari 2013 sampai dengan 31 Maret 2013. Review dari saya ini bukanlah sebuah review lebay yang hanya ingin menyenangkan atau ingin mengambil hati panitia lomba saja. Namun ini memang benar kenyataan yang saya alami. Karena itu saya ingin sekali menceritakannya di sini. Semoga pengalaman dan cerita saya ini dapat menjadi inspirasi dan membuat para pebisnis online untuk mau memasang toko onlinenya di jejualan.com. Modal sedikit tapi hasil fantastis. Sekarang saya sudah mulai meraup keuntungan atau omzet yang tidak main-main lagi. Dulu memang mendapatkan uang 1 juta rupiah dalam waktu sebulan saja susah. Tapi alhamdulilah untuk sekarang setelah bergabung dengan jejualan.com saya bisa mendapatkan manfaat dan hasil yang cukup besar.

 

1 komentar:

Ke-Injex mengatakan...

Sangat menarik sekali mbak postingannya, bagaimana sekarang ya ? apakah masih tetap berjualan ?

salam

Posting Komentar