Rabu, 31 Desember 2014

Musik Murah dengan MelOn

Dunia ini menjadi lebih indah jika semua orang jujur dan bertanggung jawab. Mengatakan hal itu jauh lebih mudah dibandingkan melakukannya. Hingga sekarang, walaupun sudah ada langkah pencegahan dari pihak berwajib dan semacamnya, masih ada banyak sekali orang yang melakukan pengunduhan music secara tidak legal dan tanpa membayar. Menikmati musik memang kegiatan yang sangat populer, tetapi ketika pembajakan menjadi sangat populer, apakah itu hal yang baik?
Kejadian itu tidak terjadi di Indonesia saja, di seluruh dunia, puluhan juta unduhan file audio illegal masih terjadi. Salah satu faktor yang menyebabkan pembajakan musik jadi hal yang mewabah adalah ketidaktersediaan toko online yang menjual musik legal, sementara orang semakin malas menikmati musik dari kaset dan disc drive.
Meskipun iTunes dari Apple membuka pembelian dengan menggunakan kurs rupiah, bagaimana dengan lagu-lagu indonesia yang juga sangat banyak dan bagus.
Melon Music Store adalah jawaban dari masalah di atas. Melon Indonesia adalah layanan yang dimiliki oleh Telkom. Melon dibuat agar pasar musik Indonesia jadi lebih ramai dengan pembelian online yang sangat mudah. Tentunya karena dibuat untuk orang Indonesia, Melon memiliki server yang terletak di Indonesia. Artinya, anda akan bisa mengaksesnya secara cepat meski dengan koneksi internet yang biasa saja. Melon juga menyediakan kemudahan cara pembayaran sehingga anda tidak perlu lagi kerepotan menggunakan kartu kredit atau debit, sementara kita tahu perusahaan penjual musik online internasional tidak mempercayai pembelian di Indonesia. Melon mengadopsi cara pembayaran dengan kupon. Kupon tersebut bisa anda beli dengan nominal tertentu dan anda bisa mengunduh sebanyak apa pun lagu selama jangka waktu tertentu sesuai dengan nominalnya. Misalnya jika anda menggunakan kupon bernominal Rp 50.000, anda bisa mengunduh sebanyak apa pun lagu dalam waktu 6 bulan.
Soal legalitas, lagu yang anda unduh dipastikan legal karena Melon menggunakan sistem DRM dalam setiap lagu yang diunduh. DRM atau Digital Rights Management adalah semacam lisensi hak penggunaan konten digital yang tidak melanggar undang-undang dan aman dari pembajakan. Artinya, dengan membayar sejumlah uang, anda bisa mendapatkan sebanyak apa pun lagu tanpa membajak. Mekanisme ini jauh lebih murah daripada purchase di iTunes. Meski ada satu kerugian yang nyata bahwa lagu yang diunduh dari Melon Store hanya bisa dimainkan di music player khusus dari Melon saja. Tetapi selama lagu bisa disimpan di dalam piranti digital anda dan bisa anda dengarkan, tidak ada masalah bukan. Lagipula, aplikasi pemutar musik Melon bisa berjalan di beragam sistem operasi yang ada di pasar.
Salah satu kemudahan lain yang anda dapatkan adalah kemudahan registrasi. Hanya dengan mengisi formulir dan menyetujui syarat dan ketentuan Melon, anda sudah bisa menggunakan semua layanan dari Melon. Yang paling penting, proses registrasi yang anda akan jalani tidak dipungut biaya sama sekali.
Jika anda berpikir bahwa anda tidak akan menemukan lagu yang anda cari, anda salah. Layanan ini menyediakan puluhan ribu lagu dari yang baru hingga yang lama. Anda hanya perlu mencari lagu mana yang ingin anda unduh di archive, menekan tombol unduh, dan menunggu. Anda bisa melakukan pengunduhan beberapa lagu secara simultan.

Hidup yang berkualitas adalah hidup yang bertanggung jawab dan tidak melanggar hak orang lain. Dengan adanya layanan Melon ini, semua orang yang ingin mendapatkan lagu bisa membelinya dengan halal dan cara yang sangat mudah.

1 komentar:

Amir mengatakan...

Saya sudah coba, keren deh aplikasi ini, musik setelah saya download, suaranya jernih dan bening

Posting Komentar